Gerbong Ramah Wanita dan Lingkungan

Kompas.com - 19/08/2010, 11:20 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengadaan rangkaian kereta khusus wanita (KKW) tidak hanya ramah bagi para penumpangnya. Kereta ini juga ramah lingkungan karena menggunakan penyejuk udara (AC) dari bahan hidrokarbon.

Pengadaan KKW ini dilakukan untuk memberikan keamanan bagi kaum hawa. Gerbong ini akan dijaga oleh petugas keamanan wanita untuk menghindari aksi kejahatan terhadap para penumpang.

"Kami berharap upaya penyediaan KKW ini mampu mengangkat harkat dan martabat wanita serta melindunggi wanita dari pelecehan seksual di kereta api, khususnya di KRL," kata Direktur PT KAI Comutter Jabodetabek Bambang Wibianto dalam sambutannya pada acara peluncuran KKW di Stasiun Depok, Jawa Barat, Kamis (19/8/2010).

Di samping itu, PT KCJ juga menerapkan teknologi hemat energi untuk pengaktifan AC di dalam gerbong. Freon untuk AC tersebut menggunakan teknologi hidrokarbon yang dibuat oleh PT KA bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Penumpang di gerbong ini juga tidak diperbolehkan merokok. 

Seperti diberitakan sebelumnya, layanan gerbong khusus wanita secara resmi diluncurkan hari ini, Kamis, pada rute Bogor-Jakarta Kota. Ada dua gerbong KRL khusus penumpang wanita.  Gerbong KRL khusus wanita itu berada di rangkaian KRL ekonomi AC dan KRL ekspres.

Dua gerbong KRL khusus ini akan tersambung dengan enam gerbong penumpang umum lainnya, yakni di posisi pertama dan terakhir. Gerbong kedua sampai ketujuh disediakan untuk penumpang umum, laki-laki dan perempuan.

Beberapa tahun lalu gerbong khusus ini pernah diluncurkan, namun dirasa tidak efektif karena tidak ada penjagaan khusus sehingga sering "dilanggar" penumpang pria. Pengoperasian gerbong khusus ini adalah uji coba dan akan selalu dievaluasi. Jika jumlah peminatnya bertambah, PT KCJ akan menambah layanan ini di KRL lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.