Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Wanita? Cewek Banget!

Kompas.com - 19/08/2010, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak sulit mengenali gerbong kereta khusus wanita (KKW) jurusan Jakarta-Bogor yang diresmikan penggunannya hari Kamis (19/8/2010). Selain dijaga secara khusus, gerbong ini didesain sesuai selera kaum hawa.

Secara fisik, bentuk kedua gerbong KKW itu sama dengan gerbong umum yang dirangkai pada kedua gerbong tersebut. Gerbong KKW hanya ditempatkan di rangkaian gerbong paling depan dan belakang. Jika ada delapan gerbong, gerbong khusus wanita ada di gerbong pertama dan delapan. Gerbong kedua hingga ketujuh diperuntukkan bagi penumpang umum.

Menurut pengaatan Kompas.com, dari luar, gerbong KKW bisa dikenali lewat stiker berwarna merah muda pada sisi luar gerbong. Stiker itu memuat gambar ikon wanita berikut ikon larangan bagi penumpang nonwanita.

Di bagian dalam, interior gerbong sama persis dengan gerbong umum. Setiap gerbong dilengkapi penyejuk ruangan dan enam kipas angin di langit-langit. Kursi penumpang diletakkan berhadap-hadapan dan terdapat tali gantungan untuk penumpang berdiri di antara kursi tadi. Yang membedakan adalah dalam gerbong wanita terdapat flyer merah muda bergambar ilustrasi perempuan dan bunga-bunga.

Gerbong ini juga boleh dinaiki oleh anak-anak di bawah 10 tahun yang ditemani wanita. Tidak tersedia bilik khusus untuk ibu menyusui. Karena masih baru, kondisi di gerbong masih bersih.

Menteri Perhubungan Freedy Numberi, saat peresmian pagi tadi di Depok, berharap kondisi ini tetap dipelihara termasuk tidak ada corat-coret di gerbong kereta. Jika diperlukan, gerbong khusus perempuan ini akan ditambah di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com