Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub DKI Tutup Pintu Plaza Semanggi

Kompas.com - 21/08/2010, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan DKI memutuskan menutup pintu masuk-keluar Plaza Semanggi di Jalan Gatot Subroto. Pengunjung pusat belanja tersebut diminta menggunakan pintu belakang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono yang dihubungi, Jumat (20/8/2010), terkait tindak lanjut pengaturan lalu lintas di kawasan Semanggi bersama Ditlantas Polda Metro Jaya.

Kedua instansi semula mengusulkan penutupan pintu akses Plaza Semanggi bersama pintu Tol Semanggi I dan Semanggi II untuk mengurai kemacetan lalu lintas di simpang susun legendaris tersebut.

Pristono mengakui, surat resmi pemberitahuan penutupan tersebut belum dilayangkan ke manajemen Plaza Semanggi. "Untuk penutupan pintu Plaza Semanggi, kami akan segera menyurati pengelola. Rencananya sebelum Lebaran, surat itu sudah akan kami sampaikan," tuturnya.

Pristono menegaskan, Dishub DKI memiliki kewenangan untuk memberlakukan penutupan pintu masuk ke Plaza Semanggi. "Sebab, itu menyangkut kepentingan umum akan akses jalan yang lebih besar dan kami berhak melakukan itu," katanya.

Kepala Humas Plaza Semanggi Leila Tania mengatakan, pihaknya sudah mengetahui rencana penutupan pintu tersebut. Bahkan, kemarin sudah dilakukan uji coba penutupan.

"Kami akan lihat hasil uji cobanya dan evaluasi dari Dishub seperti apa, dampaknya bagaimana terhadap lalu lintas. Prinsipnya kami tidak keberatan dengan rencana penutupan tersebut," tuturnya.

Pristono mengatakan, pihaknya sudah menemui pengelola Plaza Semanggi dan membeberkan rencana penutupan pintu masuk-keluar mal yang berada persis di seberang Gedung Polda Metro Jaya itu. Ke depan, pintu masuk ke Plaza Semanggi akan memanfaatkan pintu belakang yang dapat dijangkau dari Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Dr Satrio. (ded)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com