Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Naik Kapal Lebih Aman dan Nyaman

Kompas.com - 27/08/2010, 19:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menjamin para pemudik yang menaikkan motor atau mobilnya ke kapal laut akan merasa aman dan nyaman. Selain terbebas dari kemacetan dan bahaya kecelakaan, pemudik juga mendapatkan paket makan sebanyak 3 kali sehari dan ruang tidur yang memadai.

"Setelah membeli tiket, pemudik bisa menaikkan kendaraannya ke Kapal Motor (KM) Ganda Dewata. Lalu, pemudik tinggal menikmati suasana laut atau tidur di kamar yang tersedia," kata Direktur Utama PT Pelni Isabela di Jakarta, Jumat (27/8/2010).

Menurut Humas PT Pelni Mungi Retno, KM Ganda Dewata bisa membawa 650 penumpang. "Sesuai hasil rapat dengan Kementerian Perhubungan, kami diusahakan mengangkut 1.000 penumpang," jelasnya.

Untuk rute Tanjung Priok-Surabaya, tarif penumpang 2 orang dan 1 motor Rp 400 ribu, sedangkan 1 orang dan 1 motor Rp 350 ribu. Adapun Tanjung Priok-Semarang, penumpang 2 orang dan 1 motor dikenai tarif Rp 300 ribu dan penumpang 1 orang dan 1 motor Rp 250 ribu. "Bagi anak kecil, akan dikondisikan untuk tidak dihitung sebagai penumpang yang terkena tarif," imbuh Retno.

Ia mengingatkan, sebelum dinaikkan ke kapal, bensin di dalam motor harus dikosongkan agar tak terjadi hal-hal tak diinginkan. "Nanti saat turun di pelabuhan, petugas kami akan mengatur pemberian 1 liter bensin gratis kepada setiap motor," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com