Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, "Car Free Day" Lengang

Kompas.com - 29/08/2010, 09:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau car free day yang digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Senayan, Jakarta, tampak lengang, Minggu (29/8/2010) pagi ini. Pantauan Kompas.com di sepanjang Jalan Sudirman hingga Bendungan Hilir, tak banyak pejalan kaki maupun pesepeda yang memanfaatkan Minggu pagi yang cerah untuk berolahraga.

Aktivitas warga di dua jalur cepat yang sengaja ditutup nyaris tak terlihat. Padahal, pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor, yang digelar setiap hari Minggu terakhir setiap bulan sekali, biasanya tampak para pesepeda berlalu lalang di kedua jalur cepat tersebut. Pemandangan sekelompok remaja bermain bola kaki di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan Thamrin pun dapat disaksikan.

Dua warga yang berbincang-bincang singkat dengan Kompas.com mengatakan, pada Ramadhan ini mereka memang mengurangi aktivitas olahraga. Nurul, warga Blok A, Jakarta Selatan, mengatakan, biasanya dirinya tak pernah absen bersepeda dari rumahnya hingga ke Monumen Nasional, dan sebaliknya. "Kali ini saya jalan santai saja. Itu pun ke Monas-nya naik busway (transjakarta—Red). Asal gerak saja," kata Nurul.

Hal yang sama juga diakui Bobi, warga Setiabudi, Jakarta Selatan. Dikatakannya, biasanya dirinya menikmati Minggu pagi dengan berolahraga bersama para tetangganya. Namun, memasuki bulan puasa, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah pada hari Minggu.

Berkurangnya aktivitas berolahraga di hari Minggu pagi terasa kontras jika dibandingkan padatnya aktivitas belanja di sejumlah pusat perbelanjaan, seperti di Pasar Tanah Abang. Diberitakan, jumlah pebelanja meningkat di bulan Ramadhan. Mereka rela berdesak dan berimpitan satu sama lain ketika berbelanja di salah satu pasar terbesar di Indonesia tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com