Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketergantungan Saat Memasuki Puasa

Kompas.com - 05/09/2010, 04:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Bambang (52), sepertinya sangat bergantung pada jasa perum pegadaian. Pasalnya, lelaki asal Lumajang, Jawa Timur ini mengakui modal usahanya didapat dari uang hasil gadai barang di perum pegadaian.

Saat ditemui Kompas.com di Perum Pegadaian cabang Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (31/08/2010), pria paruh baya ini tengah menebus barang yang digadaikannya sebulan yang lalu.

"Saat ini keuntungan dari usaha saya sudah lumayan jadi perhiasan emas istri saya bisa ditebus hari ini, " ujarnya gembira. Bambang adalah seorang pedagang musiman di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Ia berjualan sarung dan baju koko di pasar regional Jatinegara dan modal yang didapatnya adalah hasil gadai perhiasan emas.

Menurutnya, menggadaikan barang di pegadaian adalah solusi terbaik saat ia membutuhkan modal untuk usahanya menjadi pedagang musiman. "Untuk dagang musiman kan modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, jadi kalo pinjam ke bank kayaknya terlalu njelimet," imbuhnya. Apalagi menurutnya, bunga yang dibebankan oleh perum pegadaian tidak terlalu memberatkan dirinya.

"Bunganya kecil, tidak seperti meminjam uang di renternir yang jika hanya meminjam Rp. 1 juta saja bisa-bisa surat tanah saya amblas buat bayar bunga," ujarnya.

Bambang berharap, akan lebih banyak lagi jasa lainnya seperti perum pegadaian yang bisa memudahkan rakyat kecil seperti dirinya untuk mendapatkan pinjaman uang. "Wah kalau tidak ada perum pegadaian saya sudah bingung sekali mau dapat pinjaman darimana," tukasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com