Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Menyadari Arti Selamat di Jalan

Kompas.com - 08/09/2010, 12:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemudik yang memakai motor pada tahun ini dinilai lebih sadar keselamatan. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyatakan, kesadaran pemudik dikarenakan sosialisasi yang berjalan baik.

"Saya lihat tahun ini lebih baik karena sosialisasi berjalan baik sehingga motor-motor yang berpenumpang lebih dari dua atau berbeban lebih menjadi tertib," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Condro Kirono kepada wartawan di Unit Traffic Management Center, Rabu (8/9/2010).

Meski pemudik motor ada yang tetap tidak mengacuhkan larangan—seperti harus mengenakan helm SNI, tidak boleh lebih dari dua penumpang, dan tidak membawa beban berlebihan, pemudik lebih tertib daripada tahun sebelumnya. Banyak pemudik yang memanfaatkan mudik yang disponsori perusahaan dengan bus.

Condro mengatakan, pemudik yang melanggar sudah pasti ditilang. Sampai H-3 sudah 440 pemudik dengan motor yang ditilang. "Kami tetap mencoba bantu dengan menyediakan bus di pos cek poin," katanya.

Sebanyak 8 bus dipersiapkan di pos cek poin Bekasi. "Untuk besok ada empat bus. Memang jumlahnya tidak bisa mencukupi kebutuhan, tapi kami sudah mengusahakan," lanjut Condro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com