Banci dan Monyet "Kuasai" Perempatan

Kompas.com - 10/09/2010, 08:57 WIB
EditorIgnatius Sawabi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepinya jalanan Ibu Kota saat umat Muslim menunaikan ibadah shalat Idul Fitri 1431 Hijriah, dimanfaatkan pengamen banci dan aksi topeng monyet.

Sekitar tujuh pengamen banci justru beriang gembira menikmati suasana sepinya Jakarta. Di perempatan Jl Raya Mampang-Rasuna Said-Jl Gatot Subroto, para banci tersebut bebas menari-nari saat umat Muslim sedang Shalat Id.

Beberapa mobil dan sepeda motor yang berhenti di traffic light langsung diserbu. Bermodalkan ecek-ecek tangan, para banci yang berpakaian ala wanita dengan riasan tebal bergoyang pinggul demi mendapatkan recehan.

Irama dangdut dengan nada sumbang tak menghalangi aksi banci di hari raya Idul Fitri. Saat lembaran ribuan diayunkan ke tangan banci, lagunya langsung berhenti. "Terimakasih mas. Selamat Lebaran ya," ujarnya dengan senyum dipaksakan, Jumat (10/9/2010).

Selain para banci yang mencoba mengais rupiah di hari nan suci bagi umat Muslim, terlihat di bawah fly over Gatot Subroto-Mampang, tiga monyet bersama 'majikannya' juga mengadu nasib.

Berbeda dengan para banci, monyet-monyet hanya berdiam menunggu pengendara berhenti di lampu merah. Monyet-monyet dan majikannya terpaksa beraksi di hari Lebaran, demi mendapatkan rupiah.

Para banci dan pemilik monyet-monyet tersebut tujuannya sama. Mereka mencoba mengais rupiah dari kedermawanan pengendara bermotor di hari Lebaran.(yulis setyawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.