Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Ini Kombinasi Beberapa Masalah

Kompas.com - 17/09/2010, 10:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pagi ini meninjau lokasi amblesnya badan Jalan RE Martadinata di Jakarta Utara. Fauzi Bowo datang sekitar pukul 09.00 didampingi Wakil Kepala Polres Jakarta Utara Ajun Komisaris Besar Rahmadi dan Kepala Polsek Tanjung Priok Komisaris NS Sukasno.

Selama setengah jam pemantauan, Fauzi Bowo menerima laporan dari Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan Departemen Pekerjaan Umum Jawali Marbun. Fauzi Bowo mengatakan, amblesnya jalan sepanjang 103 meter tersebut akan sangat berpengaruh bagi perekonomian, khususnya bagi warga Jakarta.

Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha agar arus kendaraan dari Tanjung Priok-Kota-Tangerang tetap lancar melalui jalur alternatif. "(Alternatif) pertama lewat tol atau lewat Jalan Sunter. Memang (jalur) ini urat nadi Jakarta jadi tidak boleh berhenti," kata Fauzi Bowo kepada wartawan, Jumat (16/9/2010).

Gubernur mengatakan, penyebab ambrolnya jalan tersebut merupakan kombinasi dari beberapa masalah. Selain air pasang dari laut, semburan pompa penyedot air di sekitar lokasi juga menyebabkan tergerusnya tanah di bawah jalan. Saat ini petugas dari Puslitbang DPU masih meneliti kondisi tanah dan kekuatan konstruksi jalan di lokasi kejadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com