Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Turun Sejak H+4

Kompas.com - 18/09/2010, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Total jumlah penumpang arus balik wilayah Daerah Operasi 1 Jakarta mengalami tren penurunan. Dari data PT. Kereta Api Indonesia (KAI), jumlah penumpang mengalami tren penurunan pada H+4 setelah lebaran, Rabu ( 15/09/2010 ) .

"Jumlah penumpang kereta api yangmasuk dari stasiun-stasiun di Daop 1 Jakarta mengalami tren turun sejak Rabu (H+4) kemari," kata Mateta Rizalulhaq, Kepala Humas Daop 1 PT. KAI kepada wartawan di Gambir, Sabtu ( 18/09/2010 ).

Mateta mengatakan, jika jumlah penumpang di hari Sabtu ini tidak meningkat, maka tren jumlah penumpang arus balik dapat dikategorikan menuju normal.

Dari data yang dihimpun dari Pusat Informasi Terpadu di Stasiun Gambir, untuk sementara angka tertinggi kedatangan penumpang KA di DAOP 1 Jakarta pada H+4 sebanyak 52.000 penumpang. Data ini terakumulasi dari stasiun di wilayah DAOP 1 yang terdiri dari Stasiun Senen, Gambir, Bekasi, Kota, Manggarai, dan Tanah Abang. 

Setelah H+4, jumlah penumpang pada H+5 menurun menuju angka 48.000 dan H+6 angkanya 31.000. Sedangkan jumlah penumpang eksekutif di stasiun Gambir pada hari ini per pukul 10.30 WIB, sebanyak 3874 penumpang, dan jumlah penumpang di Daop 1 sebanyak 28.000. 

Menurut Mateta, tren turun ini karena imbas dari isu yang disebarkan pihaknya. "Kita bersiasat menggembar-gemborkan arus balik puncaknya pada H+6 dan H+7. Jadi orang jadi berupaya untuk menghindari tanggal tersebut. Misalnya hari ini tidak terjadi arus puncak seperti yang diperkirakan, bukan prediksi kami salah, tapi siasat kami berhasil, " ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com