Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket KA Ekonomi Akan Dijual Lewat Agen

Kompas.com - 19/09/2010, 00:46 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tiket kereta api (KA) kelas ekonomi akan dijual melalui agen mulai tahun depan untuk mengantisipasi antrean panjang pada loket-loket pembelian seperti sering terjadi saat ini.

"Tahun ini PT KA sudah menjual tiket 30 hari sebelum keberangkatan untuk kelas bisnis dan eksekutif melalui beberapa agen yang ternyata sukses, dilihat dari tidak terlalu panjangnya antrean pembelian tiket untuk dua kelas tersebut," kata Direktur Utama PT Kereta Api (Persero) Ignasius Johan di Semarang, Sabtu (18/9/2010) malam.

Turut hadir dalam kunjungan Dirut PT KA di Stasiun Poncol Semarang tersebut antara lain Kepala Daop IV Semarang Septa Triono Rahmadi, Kahumas Sapto Rahardjo, dan Kepala Stasiun Poncol M. Suudi beserta sejumlah pejabat penting PT KA lainnya.

Ia mengatakan, selain untuk mengantisipasi panjangnya antrean pembelian tiket khususnya KA kelas ekonomi, penjualan tiket melalui agen ini juga dapat menghemat waktu para calon penumpang.

"Dengan adanya sistem penjualan tersebut, calon penumpang KA kelas ekonomi tidak perlu antre pembelian tiket KA sejak pagi hari untuk keberangkatan pada malam hari," ujarnya.

Menurut dia, hal itu dilakukan PT KA sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat selaku konsumen.

"Kami optimistis tahun depan sistem penjualan tiket KA kelas ekonomi melalui agen dapat terlaksana," kata Ignasius Johan.

Hingga saat ini, animo masyarakat terhadap KA khususnya kelas ekonomi sebagai salah satu alat transportasi darat masih sangat tinggi bahkan cenderung terus meningkat tiap tahunnya.

Hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah penumpang KA kelas ekonomi pada tahun ini sebanyak 1.705.804 orang dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 1.665.954 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com