Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Selesai dalam Tujuh Hari

Kompas.com - 20/09/2010, 09:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Memasuki hari kelima sejak amblesnya sebagian badan Jalan RE Martadinata, belum ada hasil final mengenai kondisi tanah di bawah jalan tersebut. Penelitian kemungkinan baru selesai dalam tujuh hari.

Direktur Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Muryanto mengatakan, pihaknya belum menerima laporan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan Departemen Pekerjaan Umum yang saat ini sedang memeriksa struktur tanah di sekitar jalan ambrol tersebut.

Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk menentukan metode apa yang akan digunakan untuk memperbaiki jalan ambrol ataupun jalan yang masih utuh. Begitu penelitian selesai, akan dipasang tiang-tiang pancang (sheet piles) untuk menahan jalan yang masih utuh di sisi selatan.

"Masih belum ada laporan penelitian. Kami usahakan dalam satu minggu sudah selesai karena pemasangan sheet piles ini sangat penting," kata Djoko ketika dihubungi Kompas.com, Senin (20/9/2010) pagi.

Hingga saat ini, masih ada sejumlah pekerjaan pengeboran tanah di sejumlah titik di lokasi kejadian. Pengeboran ini dilakukan untuk mengetahui kedalaman tanah keras yang cocok untuk pekerjaan perbaikan jalan.

Sebuah kapal ponton juga telah ditempatkan di muara sungai tak jauh dari lokasi amblesnya jalan di sisi utara. Ponton ini akan digunakan untuk menempatkan sheet piles di tepi jalan utuh. Sudah tidak ada lagi warga yang berkerumun karena lokasi kejadian sudah ditutup dengan pagar seng lebih kurang setinggi 2 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com