Penelitian Selesai dalam Tujuh Hari

Kompas.com - 20/09/2010, 09:47 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Memasuki hari kelima sejak amblesnya sebagian badan Jalan RE Martadinata, belum ada hasil final mengenai kondisi tanah di bawah jalan tersebut. Penelitian kemungkinan baru selesai dalam tujuh hari.

Direktur Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Muryanto mengatakan, pihaknya belum menerima laporan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan Departemen Pekerjaan Umum yang saat ini sedang memeriksa struktur tanah di sekitar jalan ambrol tersebut.

Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk menentukan metode apa yang akan digunakan untuk memperbaiki jalan ambrol ataupun jalan yang masih utuh. Begitu penelitian selesai, akan dipasang tiang-tiang pancang (sheet piles) untuk menahan jalan yang masih utuh di sisi selatan.

"Masih belum ada laporan penelitian. Kami usahakan dalam satu minggu sudah selesai karena pemasangan sheet piles ini sangat penting," kata Djoko ketika dihubungi Kompas.com, Senin (20/9/2010) pagi.

Hingga saat ini, masih ada sejumlah pekerjaan pengeboran tanah di sejumlah titik di lokasi kejadian. Pengeboran ini dilakukan untuk mengetahui kedalaman tanah keras yang cocok untuk pekerjaan perbaikan jalan.

Sebuah kapal ponton juga telah ditempatkan di muara sungai tak jauh dari lokasi amblesnya jalan di sisi utara. Ponton ini akan digunakan untuk menempatkan sheet piles di tepi jalan utuh. Sudah tidak ada lagi warga yang berkerumun karena lokasi kejadian sudah ditutup dengan pagar seng lebih kurang setinggi 2 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.