Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Datang, Sampah Pun Bersih

Kompas.com - 20/09/2010, 18:29 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya memastikan sampah sepanjang jalur lintasan kedatangan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ke Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (25/9) bersih.

"Kami pastikan tidak ada sampah dan berharap bantuan masyarakat agar menjaga lingkungan bersih tidak membuang sampah sembarangan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kota Taskmalaya, Jeje Juhendi, Senin (20/9/2010).

Kedatangan Presiden membuka Muktamar Persis ke-XIV di Masjid Aisyah, di Kota Tasikmalaya, kata Jeje akan melintasi jalan RE Martadinata, Dr Sukarjo, Cimulu, dan Jalan IR Juanda, dipastikan sudah bersih dari sampah.

Upaya pembersihan sampah sepanjang ruas jalan di Kota Tasikmalaya itu, kata Jeje sebelumnya sudah menjadi rutinitas petugas bidang kebersihan kota, namun menyambut kedatangan Presiden, pembersihan sampah lebih ditingkatkan.

"Sudah tugas kami, apalagi kedatangan Presiden, tugasnya lebih ditingkatan lagi dari biasanya, dan semua ruas jalan sudah pasti bersih dari sampah," katanya.

Upaya pembersihan sampah sepanjang jalan lintasan rombongan Presiden itu, Jeje berharap kerjasama dengan masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, akibat kurang sadarnya masyarakat peduli terhadap menjaga kebersigan lingkungan.

Namun, timbulnya permasalahan itu, Jeje mengakui Dinasnya kurang optimal dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang kesadaran menjaga kebersihan.

"Karena masih ada kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya, tapi itu akan terus kami pantau agar jalan tetap bersih dari sampah," katanya.

Terkait tidak adanya tong sampah sepanjang Jalan RE Martadinata jalur yang akan dilewati rombongan Presiden, Jeje mengakuinya sudah tidak ada akibat rusak oleh tangan-tangan jahil oknum masyarakat.

"Saya harap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, dan kami sudah melakukan upaya pembersihan sampah menyambut kedatangan Presiden," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com