Akses Jalan Sementara Padat Merayap

Kompas.com - 21/09/2010, 14:44 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Arus kendaraan di depan Mal Artha Gading, Selasa (21/9/2010), tampak padat merayap. Semenjak ditutupnya akses Jalan RE Martadinata karena ambles, Kamis (16/9/2010) dini hari lalu, akses jalan dialihkan. Kendaraan dari Pelabuhan Tanjung Priok diarahkan ke Jalan Yos Sudarso, kemudian memutar balik di depan Mal Artha Gading.

Berdasarkan pantauan Kompas.com hingga pukul 12.30, Selasa (21/9/2010), arus kendaraan terlihat padat, mulai dari ruas jalan Pelabuhan Tanjung Priok menuju Jalan Yos Sudarso hingga putaran balik di depan Mal Artha Gading.

Ruas jalan tersebut didominasi oleh kendaraan-kendaraan besar, seperti truk-truk kontainer dan mobil-mobil tangki besar. Kepadatan tersebut akibat meningkatnya jumlah kendaraan, terlebih kendaraan-kendaraan besar seperti kontainer, yang hendak memutar balik di putaran depan Mal Artha Gading menuju ke Tol Pelabuhan untuk akses ke Tangerang ataupun Banten.

Dan, di lokasi itu pun, semua kendaraan dari Tanjung Priok yang akan ke Kota harus berputar untuk masuk Jalan Danau Sunter Utara menuju ke Kemayoran.

"Di sini biasanya tidak begitu padat, padatnya biasanya sore hari. Tapi, semenjak ambruknya ruas jalan di RE Martadinata, jalan di sini jadi padat," ucap Puji M, Kepolisian Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Polda Metro Jaya, yang ditemui Kompas.com, Selasa (21/9/2010) di Jalan Raya Plumpang, Jakarta Utara.

Diungkapkannya, kendaraan di sepanjang ruas jalan tersebut memang didominasi oleh kendaraan-kendaraan besar seperti truk kontainer dan truk tangki. Hal tersebutlah yang mengakibatkan ruas jalan tersebut menjadi padat. Kendaraan-kendaraan besar seperti truk kontainer dan truk tangki yang berbaur dengan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

"Mereka (kendaraan-kendaraan besar) lewat sini, terus muter di putaran depan Mal Artha Gading sana, lalu masuk tol," kata Puji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.