RE Martadinata Dipasangi Lembaran Beton

Kompas.com - 22/09/2010, 20:28 WIB
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Lokasi Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang ambles akibat tergerus air, Rabu, telah dipasangi lembaran beton.

Pemasangan lembaran beton atau sheet pile yang panjangnya 17 meter dengan lebar satu meter itu dilakukan menggunakan alat ponton melalui laut dengan tongkang Teluk Rokan.

Menurut Yuspurnomo, Direktur Teknik Bina Marga, yang ditemui di lokasi amblesnya Jalan RE Martadinata, Rabu, mengatakan, panjang jalan yang ambles 100 meter dengan lebar 6 meter itu akan dipasangi lembaran beton sebanyak 100 batang.

Pemasangan lembaran beton akan dibantu penahan tiang yang panjangnya 24 meter.

"Nanti setelah sheet pile dipasang, akan dibantu tiang pancang yang berfungsi menahan sheet pile. Setiap lima meter sheet pile akan ditancapkan tiang pancang dari arah air ke jalan," ujar Purnomo.

Pemasangan lembaran beton dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurut Purnomo, tiang pancang itu berfungsi sebagai penahan lembaran beton yang akan menahan material jalan.

"Tiang pancang yang akan dipasang sebanyak 20 batang," ujarnya. "Kalau dikerjakan selama 24 jam, pemasangan sheet pile dan tiang pancang akan selesai lima hari," tambahnya.

Menurut salah satu pekerja proyek perbaikan jalan, Yanto, pemasangan lembaran beton dilakukan setelah jaringan kabel telepon dan listrik sudah diperbaiki.

"Kabel instalasi telepon dan listrik sudah kondisi aman dari lokasi amblesnya jalan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.