Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Betawi Digelar Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 24/09/2010, 02:42 WIB

jakarta, kompas - Untuk ketiga kalinya, DKI Jakarta menggelar Lebaran Betawi. Tahun ini, hajatan tersebut dipusatkan di Sentra Primer Barat, Kembangan, Jakarta Barat.

Lebaran Betawi digelar pada Sabtu (25/9) dan Minggu (26/9), pukul 09.00-21.00. Masyarakat umum bisa hadir menyaksikan bazar, pameran, pertunjukan seni, dan berpartisipasi dalam berbagai lomba.

Ketua Panitia Lebaran Betawi 2010 Beky Mardhani, Kamis (23/9), mengatakan, dalam Lebaran Betawi tahun ini, warga Jakarta bisa menikmati suasana Jakarta tempo dulu atau kampung besar Jakarta masa lalu.

”Kami ingin segenap warga Jakarta dan sekitarnya bisa menikmati cita rasa Betawi karena Jakarta telah menjadi tempat pembauran dan membangun kebersamaan,” kata Beky.

Oleh karena itu, tidak hanya warga dari lima wilayah di DKI Jakarta yang memeriahkan acara Lebaran Betawi, tetapi juga dari Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi.

Acara akan dibuka dengan prosesi hantaran makanan khas Betawi dari perwakilan wilayah di DKI Jakarta kepada para senior, melambangkan tradisi Lebaran orang Betawi, silaturahim dari anak muda kepada para orangtua.

Selama dua hari itu, masyarakat bisa menyaksikan beragam kesenian khas Betawi, seperti nasyid, hadrah, marawis, lenong, wayang golek Betawi, pencak silat, rebana, keroncong tugu, gambang kromong, ondel-ondel, dan tanjidor.

Warga juga bisa mengikuti lomba merangkai bunga kelapa, membuat sirih nanas, lampion, rebana, suvenir ondel-ondel, dan asinan sayur. Untuk memeriahkan suasana, artis Betawi, seperti Bolot, Mpok Nori, dan Burhan, akan menghibur warga yang hadir.

Wali Kota Jakarta Barat Burhanuddin mengatakan, akan melepas tujuh karung ikan ke sungai untuk lomba memancing bagi warga. ”Sambil menggali budaya lokal, warga pun bisa bergembira,” katanya. (FRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com