Jakarta Kurang Alat Atasi Genangan

Kompas.com - 27/09/2010, 13:30 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih kekurangan alat untuk mengatasi genangan air yang disebabkan oleh mampetnya saluran air di sekitar jalan arteri.

Untuk membersihkan material penyumbat di saluran-saluran tersebut, Unit Pelaksana Teknis Peralatan dan Perbekalan (UPT Alkal) Dinas Pekerjaan Umum baru memiliki empat kendaraan penyedot dan penyembur air atau sering dikenal sebagai mobil kombi.

Pembersihan saluran juga dilakukan dengan bantuan alat penyembur (jetting) yang hanya tersedia lima unit. Setiap hari alat-alat tersebut dioperasikan secara bergilir ke seluruh wilayah Ibu Kota untuk membersihkan saluran-saluran air bermasalah.

"Mobil kombi akan ditambah pada 2011, idealnya masing-masing wilayah akan dilayani dua mobil," kata Tarjuki selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta.

Dengan alat-alat tersebut, DPU harus mengejar target mengatasi genangan air yang diakibatkan menyempitnya saluran air oleh sampah maupun sedimentasi lumpur. Dari 106 lokasi genangan air di sekitar jalan arteri dan kolektor, 33 lokasi di antaranya akan dibereskan tahun ini. Sisanya akan diselesaikan secara bertahap pada 2011 dan 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.