Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Kurang Alat Atasi Genangan

Kompas.com - 27/09/2010, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih kekurangan alat untuk mengatasi genangan air yang disebabkan oleh mampetnya saluran air di sekitar jalan arteri.

Untuk membersihkan material penyumbat di saluran-saluran tersebut, Unit Pelaksana Teknis Peralatan dan Perbekalan (UPT Alkal) Dinas Pekerjaan Umum baru memiliki empat kendaraan penyedot dan penyembur air atau sering dikenal sebagai mobil kombi.

Pembersihan saluran juga dilakukan dengan bantuan alat penyembur (jetting) yang hanya tersedia lima unit. Setiap hari alat-alat tersebut dioperasikan secara bergilir ke seluruh wilayah Ibu Kota untuk membersihkan saluran-saluran air bermasalah.

"Mobil kombi akan ditambah pada 2011, idealnya masing-masing wilayah akan dilayani dua mobil," kata Tarjuki selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta.

Dengan alat-alat tersebut, DPU harus mengejar target mengatasi genangan air yang diakibatkan menyempitnya saluran air oleh sampah maupun sedimentasi lumpur. Dari 106 lokasi genangan air di sekitar jalan arteri dan kolektor, 33 lokasi di antaranya akan dibereskan tahun ini. Sisanya akan diselesaikan secara bertahap pada 2011 dan 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com