Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RE Martadinata Bukan Ambles, lalu Apa?

Kompas.com - 28/09/2010, 17:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Peristiwa yang terjadi di ruas Jalan RE Martadinata pada Kamis (16/9/2010) dini hari dikategorikan sebagai longsor dan bukan amblesan tanah.

Longsor adalah fenomena yang umum terjadi apabila suatu permukaan tanah yang lunak tidak mampu menampung beban timbunan tanah yang ditimpakan pada tanah lunak tersebut.

"Konotasi ambles seperti suatu tanah yang tiba-tiba hilang di permukaan tanah sehingga memberikan kesan kalau jangan-jangan tempat lain ambles juga. Namun, setelah dari kajian kami terhadap rata-rata tanah di sana, peristiwa tersebut lebih tepatnya adalah longsor," ucap Chandra, Wakil Ketua Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI), dalam konferensi pers mengenai Isu Pemberitaan Amblesnya RE Martadinata, Selasa (28/9/2010) di Jakarta.

Menurut Chandra, peristiwa yang terjadi di ruas Jalan RE Martadinata tersebut adalah longsor. Dalam praktiknya, Jalan RE Martadinata memang sudah dibangun dalam waktu yang cukup lama. Dalam perkembangannya, karena kebutuhan, jalan tersebut diperlebar dan dipertinggi dari tahun ke tahun.

Akan tetapi, dalam overlay yang terakhir, penambahan beban yang tidak bisa ditampung oleh tanah lunak di kawasan tersebut menyebabkan longsor. "Penyebab dari longsor pun multifaktor, antara lain karena penambahan beban, perubahan geometri, dan pasang surut," tutur pria tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, I Wayan Sengara selaku pakar Geoteknik juga mengungkapkan hal senada. Ia menuturkan, amblesan dan longsor adalah sesuatu yang sangat berbeda.

Menyangkut kestabilan permukaan tanah, amblesan adalah suatu kawasan yang jatuh ke bawah, sedangkan longsor adalah bergesernya permukaan tanah ke arah sungai atau laut.

"Itu adalah sesuatu yang berbeda. Ini yang ingin kami klarifikasi," ungkapnya.

Wayan menambahkan, kawasan Jakarta Utara merupakan kawasan dengan tanah yang lunak sehingga pembangunan di sana harus dilakukan secara profesional.

"Daerah Jakarta Utara merupakan kawasan yang lunak sekali. Oleh karena itu, pembangunannya harus berhati-hati," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com