Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Segera Kirim Bantuan

Kompas.com - 29/09/2010, 13:03 WIB

TARAKAN, KOMPAS.com - Kerusuhan massa di Tarakan yang terjadi sejak hari Minggu (26/9) menyebabkan ribuan warga terpaksa mengungsi, sedikitnya lima tewas, dan puluhan orang luka. Untuk itu, PMI Kota Tarakan mengerahkan puluhan relawan, ambulans, beserta tim untuk memberi pertolongan pertama kepada para korban luka dan evakuasi warga ke lokasi yang aman dari kerusuhan.

Dalam pemberitahuannya lewat surat elektronik, Rabu (29/9/2010), Posko PMI Kota Tarakan mencatat, ada sekitar 15 ribu warga yang kebanyakan beretnis Bugis Makassar, terpaksa diungsikan demi keamanan mereka terkait kondisi yang terlampau rawan.

”Masyarakat kami ungsikan ke Mako LANAL Tarakan, Makodim 613/Raja Alam, Sat Radar, Tarakan. Sekitar 15 ribu warga mengungsi di sana. Hingga kini kami tetap bersiaga 24 jam untuk membantu warga,” ucap Kepala Markas PMI Kota Tarakan, Maharaja Laila Hady Candra, dari Markas PMI Kota Tarakan, Rabu.

Hingga saat ini, PMI Kota Tarakan menyiagakan personilnya di beberapa lokasi untuk berjaga-jaga di dalam kota dan beberapa titik-titik lokasi kerusuhan massa. Sementara itu, untuk bantuan kemanusiaan, PMI menargetkan akan mengirimkan beberapa paket bantuan.

”Paket bantuan dari PMI berupa hygiene kit, family kit, dan pendirian dapur umum untuk korban pengungsi, sudah mulai dikoordinasikan untuk segera dilakukan dan didistribusikan. Hari ini, layanan dapur umum akan segera didirikan,” ucap Kepala Subdiv  Respon Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI, Rukman Bai, di Posko Markas Pusat, Jakarta.

Ia juga menuturkan bahwa berdasarkan arahan langsung dari Ketua Umum PMI Jusuf Kalla pagi ini di Markas Pusat PMI, diharapkan seluruh paket bantuan segera dikirimkan dengan dukungan dari stok PMI Provinsi Kalimantan Timur.

”Semoga kondisi di Tarakan bisa segera pulih. PMI selalu siaga untuk membantu warga di sana,” ujar Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, di Markas Pusat PMI, Jakarta, Rabu.   Berdasarkan laporan dari PMI Kota Tarakan, kondisi makin meruncing pada hari Senin (27/9) ketika di Kelurahan Juata, Tarakan ada seorang warga yang meninggal dunia dalam peristiwa kerusuhan tersebut. Penyebab tewasnya warga asli Kalimantan Timur ini masih dalam proses penyidikan pihak yang berwajib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com