Itu Hanya Genangan, Bukan Banjir

Kompas.com - 08/10/2010, 10:33 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga tahun memimpin Ibu Kota RI, Gubernur Fauzi Bowo menolak jika Jakarta dikatakan mengalami banjir. Dia mengatakan, di Jakarta hanya terjadi genangan, bukan banjir.

"Harus dibedakan antara banjir dan genangan," kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat menghadiri pisah sambut Kapolda Metro Jaya, Kamis (7/10/2010).

Pria yang akrab dipanggil Foke ini mengatakan, harus ada pembedaan antara banjir dan genangan. "Kalau banjir itu satu dua hari air di situ. Sedangkan genangan air itu lewat. Ini saya jelaskan perlu ada pemahaman tentang itu," ujarnya.

Foke pun mencontohkan salah satu upayanya mengatasi banjir dan genangan. "Dulu Kebon Nanas di Jalan Panjaitan sempat terjadi genangan. Setelah kami perbaiki sekarang tidak ada lagi," katanya.

Kepada wartawan, Foke juga mengatakan, proyek Kanal Banjir Timur (KBT) berhasil dijalankan. "Tapi Anda catat yang sedang dan akan kerjakan. Yang sudah dilakukan Anda lupakan," lanjutnya.

Menurut pantauan Kompas.com, Jakarta memang tidak banjir. Namun, belakangan ini, hujan deras yang sering mengguyur Ibu Kota mengakibatkan genangan berbahaya di berbagai wilayah. Contoh genangan langganan terjadi di perempatan Kuningan, Jalan Gatot Subroto, Semanggi, dan depan Mal Gandaria City. Genangan pun berujung pada kemacetan panjang.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X