Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itu Hanya Genangan, Bukan Banjir

Kompas.com - 08/10/2010, 10:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga tahun memimpin Ibu Kota RI, Gubernur Fauzi Bowo menolak jika Jakarta dikatakan mengalami banjir. Dia mengatakan, di Jakarta hanya terjadi genangan, bukan banjir.

"Harus dibedakan antara banjir dan genangan," kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat menghadiri pisah sambut Kapolda Metro Jaya, Kamis (7/10/2010).

Pria yang akrab dipanggil Foke ini mengatakan, harus ada pembedaan antara banjir dan genangan. "Kalau banjir itu satu dua hari air di situ. Sedangkan genangan air itu lewat. Ini saya jelaskan perlu ada pemahaman tentang itu," ujarnya.

Foke pun mencontohkan salah satu upayanya mengatasi banjir dan genangan. "Dulu Kebon Nanas di Jalan Panjaitan sempat terjadi genangan. Setelah kami perbaiki sekarang tidak ada lagi," katanya.

Kepada wartawan, Foke juga mengatakan, proyek Kanal Banjir Timur (KBT) berhasil dijalankan. "Tapi Anda catat yang sedang dan akan kerjakan. Yang sudah dilakukan Anda lupakan," lanjutnya.

Menurut pantauan Kompas.com, Jakarta memang tidak banjir. Namun, belakangan ini, hujan deras yang sering mengguyur Ibu Kota mengakibatkan genangan berbahaya di berbagai wilayah. Contoh genangan langganan terjadi di perempatan Kuningan, Jalan Gatot Subroto, Semanggi, dan depan Mal Gandaria City. Genangan pun berujung pada kemacetan panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com