Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Akan Belajar Soal Drainase

Kompas.com - 28/10/2010, 11:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertemuan Asia-Eropa atau Asia-Eropa Meeting (ASEM) pertama kali untuk para gubernur dan walikota yang digelar di Jakarta, 28-29 Oktober, tidak akan disia-siakan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Foke mengatakan akan turut belajar dari pengalaman kota-kota lain di Asia dan Eropa soal drainase.

"Itu infrastruktur yang saya katakan tadi. Iya, pasti," ungkapnya usai membuka ASEM untuk gubernur dan walikota di Hotel Kempinski, Kamis (28/10/2010).

Belajar tentang drainase akan masuk dalam sub bidang infrastruktur yang akan didiskusikan dalam pertemuan ini. Dalam pertemuan ini, hadir sembilan kota besar lainnya di Asia dan Eropa, seperti Berlin (Jerman), Bangkok (Thailand), Vientiane (Laos), Rotterdam (Belanda), Seoul (Korsel), Tokyo (Jepang), Brunei Darussalam, Manila (Filipina) dan Phnom Penh (Kamboja).

Tentu saja, lanjutnya, ini terkait pula isu lingkungan hidup, perubahan iklim, kependudukan dan kualitas hidup masyarakatnya. "Ya jelas, kita belajar juga isu environment, apa yang kita bisa pelajari dari negara-negara seperti Finlandia, Belanda, atau negara-negara Mediterania," tambahnya.

Menurut Foke, kota-kota besar memiliki isu dan tantangan yang sama, yaitu masalah kependudukan. Jumlah penduduk terus bertambah dan pemerintah kota dihadapkan pada keterbatasan kemampuan untuk mengembangkan sarana dan prasarana.

Sejumlah tamu kehormatan yang hadir yaitu Wakil Menlu Triyono Wibowo, Head of European Delegation for Indonesia and Brunei-Darussalam Julian Wilson, Director of Community and Corporate Affairs ASEAN Secretariat George Lee, Deputi Sekjend OECD Mario Amano, Gubernur Bangkok Sukhumband Paribatra, Wagub Phnom Penh Someth Nuon, dan Wakil Walikota Seoul Kyung-Wong Chung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com