Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kompasiana" Penggerak "Netizen" Berpengaruh

Kompas.com - 29/10/2010, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Media blog bersama (social blog) Kompasiana mendapat penghargaan Marketeers Netizen Champion dari majalah Marketeers. Kompasiana terpilih sebagai salah satu dari 12 penggerak netizen di Indonesia, terutama di Kota Jakarta.

"Surprise sekali mendapat penghargaan tersebut karena sebelumnya kita dirancang sebagai blog jurnalis, tapi kemudian berkembang menjadi blog publik," kata Pepih Nugraha, admin pengelola Kompasiana saat diminta tanggapannya, Jumat (29/10/2010). Ia mengatakan, saat dibuka mulai tahun 2008, Kompasiana awalnya hanya dirancang sebagai media bagi jurnalis di lingkungan Kompas Gramedia untuk menuangkan tulisannya di luar hasil karya yang diterbitkan. 

Namun, dalam perkembangannya, Kompasiana membuka blog tamu yang diisi tokoh dan publik figur. Dari hasil diskusi, masukan, dan sharing pengalaman dengan banyak pihak, blog bersama ini kemudian dibuka penuh untuk publik sejak tahun 2009. Kini, setiap orang dapat langsung bergabung dengan Kompasiana dan menulis blog. Disebut blog bersama karena Kompasiana pada dasarnya satu blog yang diisi ramai-ramai. Meski demikian, setiap orang memiliki halaman pribadi untuk menjalin pertemanan dan mengatur data profilnya.

"Ke depan Kompasiana akan menjadi social networking," lanjut Pepih. Namun, fokus layanan ini tetap pada update tulisan. Setiap pengguna akan dapat menjalin bentuk pertemanan lebih intim, tetapi karya tulisannya tetap dapat dilihat semua orang.

Pepih mengatakan, Kompasiana juga akan mendorong profesionalisme para blogger dengan konsep jurnalisme hybrid. Dalam konsep ini, akan dibangun kerja sama peliputan antara warga dan jurnalis Kompas.com. Kompasiana akan tetap dipertahankan sebagai sosial blog yang bebas untuk siapa saja, tetapi pengguna terpilih berkesempatan menjadi kontributor lepas untuk melaporkan peristiwa di sekitarnya secara profesional layaknya jurnalis. Hasil laporannya akan dimuat di Kompas.com dengan imbalan insentif. 

Saat di usia dua tahun ini, Kompasiana telah berhasil mengajak lebih dari 40.000 orang. Dalam sebulan terakhir, Kompasiana diakses 2,7 juta orang, 6,2 page view, dan berada di peringkat 86 situs web terpopuler di Indonesia versi Alexa.com.

Penyerahan penghargaan untuk Kompasiana dilakukan dalam Marketeers Dinner Seminar dengan tema "Marketing to Netizen", yang menampilkan Hermawan Kartajaya sebagai pemateri utama, Rabu (27/10/2010) malam lalu. Selain Kompasiana, merek atau komunitas lain yang juga mendapat penghargaan serupa, di antaranya, komunitas Fresh, Kaskus, Blogger Bundaran HI, dan Pesta Blogger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com