Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Curanmor Bekasi Dibekuk Polisi

Kompas.com - 01/11/2010, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua dari empat kawanan pencuri spesialis sepeda motor yang beroperasi di wilayah Bekasi Kota berhasil dibekuk polisi. Keduanya yang merupakan kawanan dari Sukabumi mengaku telah melakukan pencurian di lebih dari 10 tempat.

"Ada dua orang yang ditangkap, dua lainnya masih buron," kata Komisaris Ade Ary Syam, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Metro Bekasi Kota, saat dihubungi wartawan, Senin (1/11/2010).

Kedua tersangka ini ditangkap petugas di Komsen Jati Asih sekitar pukul 03.00 WIB, Sabtu (30/10/2010). "Pelaku gagal mencuri karena pemilik rumah terbangun. Kedua pelaku berhasil ditangkap, namun ditembak kakinya karena saat berusaha kabur," kata Ade.

Dua yang ditangkap ini adalah Opick bin Tahur, yang mengalami luka tembak di kaki kanannya, dan M Bustomo alias Dede, yang juga mengalami luka yang sama seperti Opick. "Dari pengakuan keduanya, sudah beroperasi di 10 tempat, seperti di Bantar Gebang, Bekasi Timur, dan Pondok Gede," kata Ade.

Saat melakukan aksinya, tersangka Opick mencari dan menentukan sasaran dengan berpura-pura menjadi penjual kain gorden dari rumah ke rumah. Setelah menemukan target, saat dini hari tiba, Opick dan dua tersangka yang masih buron, Dede dan Marwan menuju lokasi rumah korban. "Di lokasi, mereka berbagi peran. Opick berperan merusak kunci sepeda motor dengan kunci letter T. Dua yang lain mengamankan lokasi," ujar Ade.

Setelah berhasil dirusak kuncinya, sepeda motor diamankan kedua teman Opick. Apabila terdapat lebih dari satu sepeda motor, tersangka Marwan ikut membantu. "Sepeda motor curian lantas dijual ke penadah bernama Uus di Jampang Sukabumi, dengan harga Rp 1,7-Rp 4 juta," terang Ade.

Dari tangan dua tersangka, beberapa sepeda motor curian yang belum dijual berhasil diamankan, yaitu satu buah sepeda motor Yamaha Vixion Hitam, satu buah sepeda motor Honda Vario Putih, dan satu buah sepeda motor Yamaha Vega Putih. Diamankan pula lima buah kunci letter T dan satu tas kulit warna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com