Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Haryanto Jadi Duta Komodo

Kompas.com - 02/11/2010, 22:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rio Haryanto, pebalap muda kebanggaan Indonesia, siap mendukung kampanye Taman Nasional Komodo yang menjadi finalis 7 Keajaiban Dunia Baru untuk kategori alam versi www.new7wonders.com.

Rio Haryanto, Selasa (2/11/2010), datang ke Kemenbudpar didampingi oleh Zeby Febrina yang dikenal sebagai penggiat komodo untuk bertemu dengan Dr Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Kemenbudpar sekaligus inisiator Kampanye Taman Nasional Komodo.

Rencananya, Rio akan mempromosikan Indonesia, khususnya Pulau Komodo, dan kampanye Vote Komodo di setiap penampilannya saat bertanding di mancanegara.

Menurut Sapta Nirwandar, Rio Haryanto adalah wakil Indonesia untuk membawa nama Indonesia ke dunia internasional.

Sapta pun berharap, dukungan pemuda berprestasi seperti Rio akan benar-benar membawa Pulau Komodo menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia alam versi www.new7wonders.com.

Belum lagi Rio memiliki banyak teman sesama pebalap dari Eropa dan negara-negara lain. Hal itu akan meningkatkan citra Komodo. Prestasi Rio pun dapat membuat nama Indonesia makin dikenal. Hal ini tentu akan berdampak pada pariwisata Indonesia.

Sebelumnya, pada 13 Juni 2010 Zeby dan Rio sempat mengadakan Kampanye Komodo ini di Bundaran Hotel Indonesia. Zeby yakin, prestasi Rio di dunia balap akan mampu mengampanyekan tidak hanya dalam rangka pemilihan New7Wonders, tapi juga demi pelestarian alam di Pulau Komodo.

Rio Haryanto yang baru berusia 17 tahun ini tampil gemilang di balap seri GP3. Karena keberhasilannya di GP3, Rio pun menjadi pebalap Indonesia pertama sekaligus satu-satunya pebalap berusia 17 tahun yang melakukan uji coba mobil balap F1. Uji coba ini akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 16 November 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com