Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Demo, Akses Pintu M1 Ditutup

Kompas.com - 10/11/2010, 20:41 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Akses jalan melalui pintu masuk dari Kota Tangerang menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau sering disebut pintu M1 ditutup sementara waktu, Rabu (10/11/2010). Penutupan jalur langsung tersebut dilakukan sejak pukul 06.00 sampai 15.00.

Kendaraan yang akan masuk melalui pintu M1 dialihkan ke putaran selanjutnya, berjarak 100 meter dari jalan sebenarnya. Kemacetan tidak terhindari. Antrean kendaraan mengular sepanjang 5 kilometer di Jalan Neglasari hingga Jenderal Sudirman, Kota Tangerang.

"Penutupan jalan menuju pintu M1 dilakukan untuk mengantisipasi adanya demonstrasi dari sekelompok masyarakat ke Gedung PT Angkasa Pura II," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Khusus Bandara Soekarno-Hatta Komisaris Sutimin.

Berdasarkan pantauan, penutupan jalan menuju pintu M1 mengakibatkan kendaraan dari Jalan Neglasari tidak bisa langsung masuk ke kawasan bandara. Kendaraan harus memutar balik pada putaran selanjutnya, sekitar 100 meter dari jalan yang ditutup.

Pengalihan kendaraan juga terjadi di Jalan Pembangunan, dekat kompleks perumahan PT Angkasa Pura II, yang juga menjadi akses utama ke bandara. Para pengendara yang melintasi jalan itu dialihkan ke Jalan Rawa Bokor dan selanjutnya masuk ke sisi jalan Tol Sedyatmo.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Gatot Suprijanto mengatakan, tidak ada koordinasi dari pihak bandara terkait penutupan jalur tersebut. "Saya mendapat perintah dari Wali Kota Tangerang agar segera membuka jalan tersebut karena menimbulkan kemacetan hingga Kota Tangerang," kata Gatot.

Tidak lama setelah Gatot tiba di lokasi, sekitar pukul 15.00, jalan tersebut langsung dibuka dengan menggunakan alat berat. Setelah dibuka, arus lalu lintas berangsur normal.

Kepala Polrestro Khusus Bandara Soekarno-Hatta Komisaris Besar Tornagogo Sihombing mengatakan, penutupan akses jalan menuju pintu M1 dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada pengguna jasa penerbangan karena pihaknya mendapat informasi ada aksi unjuk rasa dari kelompok tertentu ke PT Angkasa Pura II.

"Ini hanya pengalihan arus lintas saja," kata Tornagogo.

Tornagogo membantah jika dikatakan, penutupan jalan ini terkait dengan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia.

Manajer Humas PT Angkasa Pura II Andang Susanto menjelaskan, ada tiga maskapai yang menunda penerbangan hari itu juga, yaitu pesawat Cathay Pacific rute Jakarta-Hongkong, Qantas dari Jakarta ke Australia, dan Value Air dari Jakarta ke Singapura.

Namun, Andang tidak mengetahui apakah penundaan penerbangan itu dampak dari penutupan jalan tersebut atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com