Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shalat Idul Adha, Halaman Al Azhar Penuh

Kompas.com - 16/11/2010, 08:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagian umat Muslim merayakan hari raya Idul Adha 1431 H pada hari Selasa (16/11/2010) ini. Mereka mengikuti shalat Idul Adha di sejumlah tempat, seperti di halaman Masjid Agung Al Azhar.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, halaman Masjid Al Azhar tampak dipenuhi umat sebelum shalat dimulai, yakni pukul 07.00. Ribuan umat Muslim yang shalat di Masjid Al Azhar tampak membentuk barisan shalat dari halaman depan masjid hingga belakang masjid. Hingga sekitar pukul 08.30, shalat untuk merayakan hari raya haji tersebut diakhiri dengan ceramah dari pemuka agama.

Seorang umat Muslim yang menjalankan shalat Idul Adha hari ini, Pondri (37), mengaku memilih menjalankan shalat Idul Adha hari ini karena mengikuti perhitungan wukuf. "Kalau perhitungan Nahdlatul Ulama (NU) kan perhitungan rukyat ya, jadi jatuhnya besok, kalau Muhammadiyah berdasarkan perhitungan tanggal Islam, kan di Arab sudah wukuf kemarin," katanya.

Memang tidak semua umat Muslim merayakan Idul Adha 1431 H pada hari ini. Sebagian lagi memilih merayakan hari raya haji tersebut pada Rabu (17/11/2010) besok. Sebagian yang merayakan hari ini menilai bahwa shalat Idul Adha seharusnya dilaksanakan setelah para jemaah haji wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi. Adapun para jemaah haji tersebut telah melaksanakan wukuf kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com