Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengawasan Gunung Gede Ditingkatkan

Kompas.com - 18/11/2010, 16:26 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com — Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas Gunung Gede yang berlokasi di tiga kabupaten, yakni Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

Menurut Kepala Balai besar TNGGP Agus Wahyudi, Kamis (18/11/2010), peningkatan pengawasan ini disebabkan aktivitas Gunung Gede yang selalu terjadi erupsi selama 50 tahun terakhir.

"Dari hasil penelitian pihak vulkanologi seharusnya Gunung Gede mengalami erupsi pada 2007 karena terakhir terjadi erupsi pada 1957. Untuk itu kami meningkatkan pengawasan terhadap gunung ini," kata Agus.

Selain itu, melihat tingkah laku hewan yang turun gunung dikhawatirkan terjadi letusan mendadak pada gunung berketinggian 2.958 meter dpl ini.

"Ini berkaca dari pengalaman meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara yang secara mendadak dengan tidak ada tanda-tanda sebelumnya," jelas Agus.

Pihaknya juga mengimbau para petugas untuk terus melakukan pemantauan, terutama terhadap perilaku dan pergerakan satwa.

Salah satu tanda gunung akan meletus adalah banyaknya satwa yang turun gunung karena merasa kepanasan akibat suhu udara meningkat.

Selain meningkatkan kewaspadaan, pihaknya juga membuat rencana induk mitigasi bencana.

Hal ini dimaksudkan bila Gunung Gede meletus, pihaknya dan semua yang terkait dapat melakukan tanggap darurat dengan cepat.

Namun, pihaknya berharap Gunung Gede tidak mengalami erupsi dan dari pantauan aktivitas vulkanologi, Gunung Gede masih normal dan tidak menunjukkan peningkatan aktivitas.

"Tetapi kami akan terus melakukan pengawasan sebagai bentuk waspada, khawatir ada peningkatan aktivitas," tandas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com