Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Pita Merah di Bundaran HI

Kompas.com - 28/11/2010, 09:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pita merah dengan ujung bersilang mewarnai aksi ratusan mahasiswa di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (28/11/2010). Sekitar 300 orang mahasiswa Universitas Indonesia, Universitas Atmajaya, dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah beraksi membangun kesadaran masyarakat akan bahaya HIV/AIDS. Mereka memasang pita merah, simbol anti HIV/AIDS di dada.

"Kita ingin memberi tahu masyarakat tentang adanya HIV/AIDS, supaya masyarakat lebih concern," ujar Sulaeman (19), mahasiswa Fakultas Kedokteran UI. Aksi pita merah digelar dalam rangka menyambut Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember.

Selain mengenakan pita merah, menurut Sulaeman, rencananya para mahasiswa akan membuat konfigurasi berbentuk pita merah di Bundaran HI. Mereka yang mengenakan kaus putih dan merah itu akan berbaris, membentuk formasi pita merah. Sekitar ratusan balon berwarna merah dan putih-pun akan dilepaskan sebagai simbol perlawanan terhadap HIV/AIDS.  "Kalau peduli AIDS, kita harus tunjukkan kepedulian kita dari sekarang," tambah Sulaeman.

Sebelum membentuk konfigurasi, ratusan mahasiswa itu menggelar jalan santai dari Universitas Atmajaya, Bendungan Hilir, hingga Bundaran HI. Mereka membagi-bagikan selebaran kampanye anti HIV/AIDS. Dalam selebaran yang dibagikan, tertulis, "170-210 ribu dari 220 juta jiwa penduduk Indonesia mengidap HIV/AIDS. Hingga kini, jumlah kematian akibat AIDS mencapai 5.500 jiwa. Hentikan penyebaran HIV/AIDS sekarang juga."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com