Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI Hanya Bangun Satu RSUD Tanpa Kelas

Kompas.com - 30/11/2010, 00:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan memberlakukan konsep pelayanan kesehatan tanpa kelas di seluruh Rumah Sakit Umum Daerah yang sudah ada.

Konsep ini hanya akan diterapkan pada RSUD baru di Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, konsep layanan kesehatan harus dilakuka secara proporsinal.

Alasannya, ada keragaman strata ekonomi masyarakat ibu kota sehingga pelayanan kesehatan tidak dapat dilakukan hanya dengan mengedepankan kelompok tertentu.

"Jakarta ini penduduknya stratanya macam-macam, ada yang kaya dan miskin. Bayar pajaknya juga berbeda-beda nilainya. Harus ada keberpihakan kepada yang tidak punya, tapi bukan berarti itu menjadi suatu eksklusivisme," kata Fauzi Bowo di Balaikota Jakarta, Senin (29/11/2010) malam.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati menegaskan, kebijakan layanan kesehatan tanpa kelas hanya akan diterapkan di RSUD baru yang akan dibangun di Jakarta Selatan.

RSUD tersebut sepenuhnya akan melayani kesehatan warga tanpa menerapkan konsep kelas seperti pada RSUD yang sudah ada.

"Intinya tidak semua RSUD dijadikan RSUD tanpa kelas, akan diterapkan pada RSUD baru saja," kata Dien. Meski demikian, kata Dien, untuk mengakomodir kebutuhan pelayanan kepada masyarakat ekonomi lemah, pihaknya akan segera menambah kapasitas kelas III di seluruh RSUD dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Untuk itu akan ditambah sebanyak 300 tempat tidur untuk RSUD, sedangkan untuk Puskesmas akan ditambah sebanyak 70 tempat tidur. Dinas Kesehatan DKI mencatat, saat ini ketersediaan tempat tidur kelas III di enam RSUD di Jakarta mencapai 883 unit atau 63 persen dari seluruh tempat tidur.

Adapun jumlah kamar mencapai 1.650 unit, terbagi menjadi empat golongan yaitu VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com