Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1/4 Korban HIV Tak Tahu Dirinya Terinfeksi

Kompas.com - 01/12/2010, 10:34 WIB

KOMPAS.com — Health Protection Agency atau HPA menyerukan penyebaran informasi lebih luas mengenai tes HIV agar didapatkan diagnosis yang lebih awal.

Diperkirakan, 86.500 orang hidup dengan HIV pada tahun 2009. Namun, dikhawatirkan ada sekitar 22.500 kasus yang tidak terdiagnosis. Menurut catatan, 52 persen orang yang baru didiagnosis pada tahun 2009 didiagnosis setelah waktu ketika perawatan lebih efektif.

"Angka ini menunjukkan bahwa diperlukan upaya ekstra untuk memastikan lebih banyak orang untuk waspada dengan status HIV-nya. Hal ini akan memungkinkan akses yang lebih cepat terhadap pengobatannya, meningkatkan daya hidup korban, dan mengurangi risiko transmisi kepada pasangannya," jelas Dr Paul Cosford, Direktur Health Protection Services dari HPA.

Meskipun secara keseluruhan ada penurunan jumlah kasus yang didiagnosis, Dr Valerie Delpech, spesialis HIV dari HPA, juga mengatakan bahwa masih banyak orang yang tidak menyadari status HIV-nya dan separuhnya terlambat didiagnosis.

Sangat penting untuk menggunakan kondom dengan pasangan seksual karena hal ini menjadi cara terbaik untuk mencegah infeksi transmisi seksual, termasuk HIV.

"Kami harus menambahkan bahwa kondom itu perlu digunakan setiap waktu. Penurunan diagnosis HIV yang baru tahun lalu menunjukkan bahwa kita bisa menekan infeksi-infeksi baru, dan itu membutuhkan seluruh komunitas untuk bekerja sama mencapai hal ini," papar Sir Nick Partridge, Chief Executive Terrence Higgins Trust. Perlu dilakukan tes HIV secara rutin sebagai bagian dari perilaku seks yang aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com