Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket KA dari Surabaya Tinggal 10 Persen

Kompas.com - 20/12/2010, 10:54 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Animo masyarakat menggunakan jasa transportasi kereta api (KA) sangat tinggi. Menjelang libur Natal 2010 yang bersamaan dengan libur sekolah, tiket KA dari Surabaya menuju sejumlah kota nyaris ludes terjual.

Hingga Minggu (19/12/2010) kemarin, tiket KA untuk kelas eksekutif dan bisnis telah terjual 90 persen. Manajer Humas PT KA Daops VIII Surabaya Sri Winarto mengatakan, tingginya animo masyarakat memesan tiket KA dari calon penumpang terutama untuk perjalanan tanggal 23, 24, dan 26 Desember 2010.

Pada tanggal tersebut, tiket untuk semua jurusan yang berangkat dari Stasiun Pasar Turi (jalur utara) dan Stasiun Gubeng (jalur selatan), mulai Surabaya–Jakarta, Surabaya-Bandung, Surabaya–Jogjakarta, Surabaya– Semarang, hingga Surabaya–Banyuwangi sudah terjual lebih dari 90 persen.

”Makanya untuk calon penumpang yang akan menggunakan jasa kereta api dan berangkat pada tiga tanggal tersebut, segeralah memesan tiketnya,” ujarnya.

Sri Winarto mengaku tidak dapat memastikan kapan tiket KA kelas eksekutif dan bisnis akan terjual habis. Namun melihat tingginya animo masyarakat, bisa saja dalam waktu dua atau tiga hari ke depan sudah ludes terjual semua. “Karena penjualannya bergerak terus. Jika hari ini masih 90 persen, besok bisa 95 bahkan 100 persen terjual,” jelasnya.

Siapkan Cadangan
Mengantisipasi membludaknya penumpang, PT KA Daops VIII Surabaya akan memaksimalkan stanformasi (penarik gerbong) reguler. Selain itu, disiapkan juga kereta cadangan, yakni delapan kereta untuk gerbong eksekutif dan sembilan kereta untuk kelas bisnis.

Dengan begitu, jika hari biasa stanformasi hanya membawa rata-rata enam gerbong kereta, selama angkutan Natal dan Tahun Baru mulai 21 Desember hingga 5 Januari nanti akan dimaksimalkan kemampuannya dengan membawa delapan gerbong kereta. Namun jika penumpang tetap tak tertampung, pihaknya sudah menyiapkan kereta khusus angkutan Natal dan Tahun Baru.

“Tapi berdasar pengalaman tahun sebelumnya, biasanya KA tambahan tidak sampai diturunkan, pemaksimalan rangkaian kereta yang ada sudah cukup,” tukasnya.

Saat ini, setiap harinya jumlah KA kelas eksekutif dan bisnis yang diberangkatkan dari Surabaya mencapai 10 KA. Lima dari stasiun Pasar Turi, tiga dari stasiun Gubeng, dan dua KA campuran (eksekutif dan bisnis).

Sementara itu Humas PT KA Daops VIII Surabaya Catur Herry Winarno menambahkan, selain tiket KA untuk jadwal keberangkatan 23, 24, dan 26 Desember, tiket untuk tanggal 30 dan 31 Desember serta 1 Januari juga sudah mulai dipesan oleh calon penumpang.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com