Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bonus Atlet Jabar Diberikan 2011

Kompas.com - 20/12/2010, 18:22 WIB

BANDUNG, Kompas.com — Jawa Barat dipastikan terlambat memberikan bonus bagi atlet peraih medali pada Asian Games XVI 2010 asal daerah itu. Pasalnya, dana kemungkinan baru bisa dicairkan dari APBD 2011.

"Pemprov Jabar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) telah mengajukan besaran bonus bagi atlet peraih medali maupun bagi mereka yang tidak meraih medali, namun kemungkinan pemberiannya dilakukan 2011 mendatang," kata Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Tries M Hafidz di Bandung, Senin (20/12/2010).

Ia menyebutkan, dari sekitar 32 atlet asal Jabar yang menjadi Kontingen Indonesia pada Asian Games XVI di Guangzhou, tercatat 16 di antaranya meraih medali emas dan perak. Bonus juga akan diberikan kepada pelatih dan manajer, yang mendampingi atlet selama berjuang di ajang pesta olahraga tingkat Asia itu.

"Jumlahnya sekitar Rp 1 miliar, sudah diajukan. Namun, kemungkinan belum bisa diberikan pada akhir Desember 2010," kata Tries, yang juga mantan atlet anggar itu.

Terkait besaran yang akan diterima atlet Jabar peraih medali, Sekretaris Dispora Jabar itu tidak menyebutkan secara pasti. Namun, sebagai perbandingannya, ia menyebutkan, kemungkinan sama dengan bonus bagi atlet peraih medali emas pada SEA Games 2009.

Jabar waktu itu memberikan bonus sebesar Rp 25 juta bagi peraih medali emas pada SEA Games 2009 di Laos. Sementara peraih medali perak dan perunggu di bawahnya. Selain itu, Jabar akan mengapresiasi atlet yang belum berhasil mengemas medali karena mereka tetap berjuang keras.

"Besarannya mungkin tidak jauh dengan bonus SEA Games Laos tahun lalu, skemanya kami usulkan seperti bonus dari pemerintah pusat, yakni tidak membedakan nomor perorangan ataupun beregu, dan itu lebih fair," katanya.

Meski demikian, dia mengatakan, pihaknya masih menunggu persetujuan dari Pemprov Jabar. Yang jelas, kata Tries, Jabar sangat mengapresiasi perjuangan atlet-atlet terbaiknya, termasuk para manajer dan pelatih di dalamnya.

"Terbanyak peraih medali asal Jabar dari cabang dayung yang meraih tiga medali emas dari nomor dragon boat, kemudian bulu tangkis," katanya.

Sebelumnya, para peraih medali Asian Games XVI mendapat bonus dari pemerintah, yakni Rp 400 juta untuk medali emas, Rp 200 juta untuk medali perak, dan Rp 50 juta untuk medali perunggu.

Sementara bagi atlet dragon boat yang meraih meraih tiga medali emas, setiap pedayung mendapat bonus Rp 1,2 miliar. Pemberian bonus diberikan secara individu tanpa melihat nomor beregu ataupun perorangan.

Pada Asian Games XVI, Indonesia berhasil meraih 4 medali emas, 9 perak, dan 11 perunggu. Indonesia mengirimkan sebanyak 212 atlet, 60 pelatih empat teknisi, dan 20 manajer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com