Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Rumah Terbakar, Pemadam Terluka

Kompas.com - 20/12/2010, 20:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -  Dua rumah warga di Jalan Kusumanegara, Kelurahan Muja-muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Senin (20/12) sore, terbakar. Seorang petugas pemadam kebakaran juga terluka dalam peristiwa ini akibat terkena pecahan kaca saat berusaha memadamkan api.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.00 setelah Yogyakarta diguyur hujan. Berdasarkan keterangan Kepala Polsek Umbulharjo Ajun Komisaris Wachyu Tri Budi Sulistiono, api bermula dari rumah milik H Dendi, yang saat kejadian tengah kosong, ditinggal penghuni ke luar kota.

Diperkirakan, api berasal dari bagian atas rumah dan membesar hingga membakar bangunan. Dugaan sementara kami akibat adanya korsleting listrik karena instalasi listrik yang terkena hujan. Api lalu menyambar sebagian atap rumah milik warga bernama Muzakkir yang berada di sebelahnya, kata Wachyu.

Selain bangunan rumah yang hangus, Wachyu mengatakan kebakaran juga merusak tiga unit sepeda motor da n sebuah mobil milik H Dendi. Belum ada nilai kerugian pasti karena pemilik masih di luar kota. Namun, ditaksir setidaknya mencapai ratusan juta rupiah.

Dua unit mobil pemadam kebakaran Kota Yogyakarta diturunkan untuk mengatasi kebakaran tersebut. Kepala Kantor Penanggulangan Kebakaran, Bencana dan Perlindungan Masyarakat Sudarsono mengatakan, seorang petugas pemadam bernama Siswanto, terluka tangan kanannya akibat terkena pecahan kaca rumah .

Ia terkena pecahan itu saat akan menyemprot selang air. Ada posisi yang kurang pas saat menyemprot sehingga terkena pecahan kaca, kata Sudarsono. Siswanto yang telah bertugas sebagai pemadam kebakaran selama enam tahun itu langsung dilarikan ke rumah sakit Hudayatullah Yogyakarta.

Lebih jauh, Sudarsono mengatakan api dari kebakaran itu termasuk besar sehingga pihaknya agak kesulitan memadamkan dan membutuhkan waktu sekitar satu jam. Selain titik api yang menyebar, kondisi rumah yang banyak terdapat reruntuhan seng, kaca, dan genteng juga menyulitkan pemadaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com