Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenbudpar Akan Revitalisasi 32 Museum

Kompas.com - 31/12/2010, 15:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menetapkan tahun 2010 merupakan awal dari tahun kunjungan museum. Visit Museum Year akan terus berlangsung hingga 2014. Menbudpar Jero Wacik menyampaikan hal tersebut dalam jumpa pers akhir tahun 2010 Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (30/12/2010).

"Kita teruskan revitalisasi museum dan pembangunan museum-museum baru," katanya.

Jero Wacik menyebutkan bahwa sejarah dan purbakala ikut membangun karater bangsa. Dalam siaran pers, pemerintah telah melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor permuseuman. Program tersebut adalah dengan mendidik 18 orang ke jenjang S-2 Museologi di Universitas Padjajaran.

Selama 2010, Kemenbudpar telah merevitalisasi Museum Negeri Mpu Tantular Jawa Timur, Museum Negeri Kalimantan Barat, Museum Negeri NTB, Museum Negeri Jambi, Museum Negeri Sumatera Utara, Museum TB. Silalahi Sumatera Utara. Selain itu, program yang dijalankan adalah workshop pelayanan museum. Kemenbudpar berencana akan melakukan revitalisasi 32 museum di tahun 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com