Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Pangandaran, Cobain Seafoodnya...

Kompas.com - 03/01/2011, 15:04 WIB

KOMPAS.com — Berwisata ke Pantai Pangandaran bersama sahabat memang mengasyikkan. Minggu kemarin kami memang sengaja pergi ke pantai Pangandaran, Jawa Barat. Sudah lama sekali tidak berkunjung ke pantai ini, mungkin terakhir ke sini sewaktu saya masih kecil, jadi lupa pantainya seperti apa. Sayang cuaca sedang kurang baik, enggak cerah.

Sebenarnya tujuan utama kami datang ke daerah Pangandaran adalah pergi ke Green Canyon atau dalam bahasa daerah sekitar lebih dikenal dengan Cukang Taneuh. Cukang Taneuh berarti jembatan tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras. Green Canyon cukup terkenal karena sudah beberapa kali muncul di televisi dan media-media lain. Green Canyon merupakan salah satu lokasi tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Datang ke Green Canyon sebaiknya pada saat kemarau. Saat kemarau sungai  akan berwarna hijau, dan untuk menuju ke Green Canyon kita harus menyewa perahu kecil dengan jarak tempur sekitar 15 menit dengan harga sewa perahu pulang-pergi Rp 75.000. Cuaca yang masih sering hujan dan malam hari turun hujan cukup lebat membuat kami pun agak kecewa. Air keruh berwana cokelat dan pemandangan jadi kurang indah.

Jalan-jalan ke daerah pantai tidak lengkap tanpa menikmati seafood-nya, benerkan?  Kali ini kami mampir di rumah makan Sari Melati yang lokasinya dekat sekali dengan pantai. Kami memilih Sari Melati karena menurut sahabat saya, ini yang paling enak di daerah ini.

Masakannya enak, pelayanannya juga cepat. Model penyajiannya, kita memilih dulu ikan, udang, cumi segarnya, kemudian ditimbang. Nah setelah itu kita tinggal pilih mau dimasak apa. Ada saus padang, saos tiram atau goreng mentega. Sayang sekali menu favorit kami lagi kosong, yaitu kepiting. Apakah Anda sudah pernah mampir ke rumah makan yang satu ini? (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com