Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tergenang Rob, Jalan RE Martadinata Macet

Kompas.com - 04/01/2011, 04:29 WIB

JAKARTA,KOMPAS - Luapan air laut yang disertai turunnya hujan selama beberapa jam menyebabkan ruas Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, tergenang sekitar 15 sentimeter hingga 20 sentimeter. Alhasil, sejak pagi hingga sore hari antrean kendaraan terjadi di jalan tersebut.

Kemacetan sepanjang tiga kilometer di Jalan RE Martadinata sisi selatan dari arah Tanjung Priok ke Ancol terjadi sejak pukul 07.00 hingga sore hari. Karena harus melalui genangan air, ratusan mobil dan sepeda motor melintas perlahan di situ.

Kemacetan terparah terjadi menjelang palang pelintasan kereta api di Jalan Baru Podomoro. Kondisi jalan di titik itu berlubang dan rusak parah. Kendaraan terpaksa melintas pelan-pelan agar tidak terperosok ke dalam lubang-lubang yang tertutup air.

Bahkan, jalan kereta apinya juga bergelombang sehingga kendaraan harus berhati-hati saat melintasinya.

Andre (34), salah seorang pengendara sepeda motor, terpaksa mendorong kendaraannya yang mogok karena terendam air.

”Jalan ini sering terendam. Kami yang mengendarai sepeda motor sering kerepotan karena mesin terendam air, sedangkan di kanan kiri kami banyak truk kontainer,” katanya, Senin (3/1) di Ancol.

Ruas Jalan RE Martadinata sepanjang delapan kilometer ditinggikan 80 sentimeter. Namun, masih tersisa ruas jalan sepanjang delapan kilometer yang hingga kini belum ditinggikan. Ruas-ruas jalan itulah yang sering kali terendam rob ketika air pasang.

Selain di titik palang pelintasan kereta api itu, genangan juga kerap terjadi di persimpangan Kampung Bandan, di depan Hotel Alexis. Jalan di palang pelintasan yang ada di sana sudah diperbaiki, tetapi jalan sekitarnya banyak lubang dan menyebabkan macet.

Peninggian

Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Murjanto mengatakan, untuk mengantisipasi timbulnya genangan air, peninggian Jalan RE Martadinata hingga 80 sentimeter akan dilanjutkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com