Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Batak Diresmikan 18 Januari

Kompas.com - 05/01/2011, 07:16 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan meresmikan Museum Batak di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, pada 18 Januari 2011.

Dalam rapat teknis di Kantor Gubernur Sumut di Medan, Selasa, Pelaksana Sekretaris Daerah Provisi (Sekdaprov) Sumut Hasiholan Silaen mengatakan, Presiden Yudhoyono dan rombongan direncanakan terbang dari Jakarta ke Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara.

Setelah itu, Presiden dan rombongan direncanakan melalui jalan darat menuju lokasi Museum Batak di Balige.

Untuk memantapkan penyambutan Presiden Yudhoyono dan pelaksanaan peresmian itu, pihaknya akan mengoordinasikan kegiatan dengan pihak protokoler Istana Kepresidenan.

"Kami diundang untuk menghadiri rapat persiapan peresmian museum itu di Istana Negara, Rabu (5/1/2011) pukul 14.00. Besok kami harus ke Jakarta," kata Hasiholan.

Menanggapai hal itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumut Rapotan Tambunan menyebutkan bahwa kondisi Bandara Silangit cukup memprihatinkan.

Selain itu, kondisi jalan dari Bandara Silangit hingga Balige perlu diperbaiki sebelum dilintasi Presiden Yudhoyono dan rombongan. "Toiletnya kurang layak dan ruang VIP hanya berukuran 4 meter x 5 meter," katanya.

Berdasarkan keterangan itu, Hasiholan memerintahkan agar Bandara Silangit dibenahi, termasuk infrasturuktur jalan menuju lokasi Museum Batak tersebut. "Jalan Balige-Silangit banyak yang berlubang. Itu harus dibereskan setidaknya H-3," katanya.

Ia menambahkan, Presiden Yudhoyono juga direncanakan meresmikan dua proyek lain, yakni PLTA Asahan 1 dan pembangkit listrik di Simangkok.

Namun, penandatanganan prasasti kedua proyek tersebut hanya akan dilakukan di Balige tanpa peninjauan ke lokasi proyek.

Karena itu, pihaknya mengimbau agar pihak-pihak terkait dapat menyiapkan stan kedua proyek tersebut guna ditinjau Presiden Yudhoyono seusai peresmian. "Harus ada stan proyek di Balige nantinya biar bisa dilihat profil proyek secara jelas," ujar Hasiholan.

Prasasti yang akan ditandatangani Presiden itu akan ditembuskan ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama PLN.

Secara teknis, Hasiholan juga mengingatkan agar perwakilan masyarakat yang menyambut Presiden Yudhoyono menggunakan pakaian adat daerah masing-masing.
Adapun pengamanan dalam kunjungan Presiden akan dikoordinasikan dengan Kodam I/Bukit Barisan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com