Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Alokasikan Beli Mobil Mewah

Kompas.com - 07/01/2011, 03:34 WIB

Jakarta, Kompas - DPRD DKI Jakarta menganggarkan Rp 2,5 miliar untuk membeli mobil mewah guna melayani tamu penting DPRD. Sebagian anggota DPRD DKI menilai anggaran ini berlebihan dan tidak peka terhadap kebutuhan rakyat.

Ketua Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPRD DKI Jakarta Prya Ramadhani, Kamis (6/1) di Jakarta Pusat, mengatakan, pihaknya memang mengalokasikan dana itu untuk membeli mobil jenis jip dengan merek Lexus atau Toyota Cygnus. Mobil itu rencananya digunakan untuk melayani kepentingan tamu VIP DPRD DKI Jakarta.

”Pengalokasian dana pembelian mobil mewah itu merupakan permintaan Ketua DPRD dan Sekretariat DPRD DKI. Banyak anggota PURT semula menolak usulan ini, tetapi akhirnya diloloskan karena permintaan khusus pimpinan,” kata Prya.

Prya menilai, pembelian mobil mewah itu sebenarnya tidak efisien karena kedatangan tamu VIP DPRD DKI paling banyak hanya dua kali setahun dan lamanya kunjungan maksimal satu minggu. Lebih efektif jika disediakan dana untuk sewa mobil mewah bagi tamu VIP, jika memang diperlukan.

”Jika mobil mewah hanya dipakai selama dua minggu dalam setahun, lalu selama 50 minggu lainnya akan dikemanakan mobil itu?” kata Prya.

Anggota Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta, Boy Benardi Sadikin, juga menyatakan heran atas lolosnya anggaran pembelian mobil mewah itu. Dalam rapat PURT, hampir semua anggota menolak anggaran tersebut.

Menyakiti rakyat miskin

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Jhonny Simanjuntak, menyatakan tidak setuju dengan rencana pembelian mobil mewah dengan dana Rp 2,5 miliar. Jika memang butuh mobil untuk melayani tamu VIP, banyak mobil mewah yang dapat dibeli dengan harga kurang dari Rp 1 miliar atau cukup menyewa.

”Pembelian mobil mewah itu menyakiti hati rakyat miskin yang masih belum seluruhnya dapat menikmati layanan pendidikan dan kesehatan gratis. Dana Rp 2,5 miliar dapat digunakan untuk merehabilitasi dua sekolah yang rusak berat,” kata Jhonny.

Sekretaris DPRD DKI Jakarta Hermanto membenarkan adanya usul pembelian mobil mewah itu. Mobil mewah dinilai perlu dibeli karena sering ada tamu VIP yang datang dari luar negeri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com