Atasi Kemacetan, Pelat Mobil Diundi

Kompas.com - 10/01/2011, 07:46 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com — Kemacetan di ibu kota China sudah terlalu parah sehingga Pemerintah Kota Beijing menerapkan kebijakan pembatasan pengeluaran pelat nomor bagi mobil baru. Kantor berita Xinhua, Minggu (9/1/2011), melaporkan, pemerintah hanya akan mengeluarkan 20.000 pelat nomor baru setiap bulan untuk membatasi jumlah mobil yang makin menyesaki jalanan di Beijing. Padahal, jumlah pemilik mobil baru pada bulan Januari ini saja mencapai 215.425 orang.

Untuk mendapatkan pelat nomor, calon pembeli mobil harus mengajukan permohonan pada delapan hari pertama setiap bulan. Setelah itu, para pemohon itu akan diundi pada akhir bulan, dan hanya 20.000 pemenang yang akan mendapatkan pelat nomor resmi dan hak membeli mobil baru. Kapan kebijakan serupa diterapkan di Jakarta ya? (AFP/AP/DHF)

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X