Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Padat Pertama Anak yang Penuh Nutrisi

Kompas.com - 11/01/2011, 13:07 WIB

KOMPAS.com — Setelah sekian bulan memenuhi kebutuhan ASI-nya, kini si kecil siap menerima rasa baru pada lidahnya. Ia siap mencoba makanan padat pertamanya. Makanan apa yang bisa mulai Anda perkenalkan, tetapi cukup bernutrisi?

Hal pertama yang penting diingat saat akan mulai memberikan makanan padat pertama untuk anak adalah bersabar, begitu saran Marylin K Tanner, MHS, RD, ahli nutrisi anak Washington University School of Medicine. Menurut dia, saat akan mengenalkan makanan padat kepada anak, mungkin butuh sekitar 15 upaya hingga ia benar-benar bisa menerima makanan tertentu.

Tanner menyarankan untuk memperbanyak variasi buah-buahan dan sayuran, gandum utuh, protein, serta lemak sehat. Makanan-makanan berikut adalah yang ia sarankan:

1. Alpukat
Kaya akan serat, sumber karbohidrat, dan lemak baik, bahkan ada kandungan proteinnya. Menurut Tanner, alpukat juga memiliki kandungan zat besi, vitamin A dan C, juga niasin, magnesium, serta potasium. Karena bentuknya yang bisa dihaluskan, tak butuh waktu lama untuk mempersiapkannya. Jika bayi Anda baru belajar menerima makanan padat, Anda sebaiknya menyiapkan alpukat yang sudah benar-benar dilembutkan dan menghilangkan bagian terluar maupun terdalam yang sulit dikunyah.

2. Pisang
Tekstur lembutnya mudah untuk dikunyah bayi, plus kandungan potasium, asam folat, biotin, serta seleniumnya dibutuhkan bayi.

3. Kentang manis
Rebus atau masak kentang dalam microwave sekitar 3 menit, potong, lembutkan, dan Anda akan mendapatkan makanan lembut yang manis, kaya vitamin A, protein, zat besi, serta potasium untuk si kecil.

4. Tofu
Rasa tawar dan sangat lembut dari tofu bisa jadi hal yang menguntungkan untuk beberapa bayi. Tofu mampu menyerap rasa dari bumbu lain sehingga ada banyak cara untuk Anda menyiapkan tofu. Tofu adalah sumber protein yang baik dan mengandung karbohidrat, kalsium, serta zat besi.

5. Yoghurt
Yoghurt kaya akan protein, karbohidrat, dan lemak. Bayi akan menyukai teksturnya yang lembut. Selain itu, yoghurt juga kaya akan kalsium, potasium, serta asam folat. Jika Anda memilih yoghurt tawar yang rendah gula ketimbang yang sudah ditambah pemanis, Anda bisa menambahkan buah-buahan sendiri (pastikan sudah dihaluskan) untuk tambahan vitamin C.

Sebelum memberikan makanan padat, pastikan berkonsultasi dulu kepada dokter anak Anda mengenai makanan yang aman  dikonsumsi si kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com