Ayo ke Museum!

Kompas.com - 13/01/2011, 16:43 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengunjung museum di tahun 2010 adalah 7,5 juta orang. Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Budaya dan Pariwisata, Aurora Frida Tambunan mengatakan hal tersebut dalam acara Sosialisasi Rentra Kemenbudpar 2010-2014 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (11/1/2011).

Ia menjelaskan bahwa jumlah museum seluruh Indonesia ada 275 museum. Sementara itu Direktorat Peninggalan Bawah Air telah mengindentifikasikan 27 situs lokasi kapal tenggalam dan juga mencatat lebih dari 2000 keramik milik negara. Aurora juga mengatakan untuk program di 2011 pihaknya akan melakukan pengenalan gerakan nasional cinta museum dan juga gerakan nasional cinta sejarah Indonesia secara interaktif.

"Banyak yang menganggap sejarah itu tidak penting, yang penting hafalan. Kita ingin sekali supaya sejarah dicintai," katanya. Sementara itu, prioritas pembangunan nasional melingkupi penetapan lembaga pengelola terpadu kawasan warisan budaya dunia Candi Borobudur, kajian pengelolaan dan persiapan KSN kawasan Candi Prambanan dan situs manusia purba Sangiran, serta revitalisasi 31 museum dan 5 museum UPT.

Selain itu, Aurora juga memaparkan program lainnya yaitu pendataan cagar budaya yang dimiliki oleh masyarakat umum. Mulanya pihaknya ingin mendata secara terperinci cagar budaya yang ada sampai di tingkat instansi-intansi. Ia berharap ke depannya, masyarakat ikut serta mendaftarkan cagar budaya masing-masing.

"Ke depan, kami ingin meminta masyarakat untuk mencatat cagar budayanya masing-masing. Misalnya kain kuno yang sudah punya bertahun-tahun dari nenek moyang," jelasnya. Nantinya, pihak Kemenbudpar akan memiliki data cagar budaya baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun masyarakat.

Karena itu di tahun 2011, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan uji coba pendaftaran cagar budaya secara on-line. Ia juga menambahkan jika kecintaan pada sejarah dan cagar budaya dapat terwujud, maka akan memudahkan pengembangan wisata sejarah dan wisata budaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.