Museum Batak Wariskan Nilai Budaya

Kompas.com - 18/01/2011, 22:56 WIB
EditorI Made Asdhiana

TOBASA, KOMPAS.com — Museum Batak TB Silalahi Center di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (18/1/2011), diharapkan mampu mewariskan nilai-nilai budaya Batak sebagai cerminan kearifan lokal.

"Museum Batak ini harus dapat memotivasi enam puak Batak di seantero penjuru untuk melestarikan warisan budayanya dengan tetap menjaga dan memeliharanya," ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujonugroho di Balige.

Ia mengatakan, keberadaan museum berisi artefak Batak tersebut perlu diartikan sebagai ruang yang memberi gambaran kearifan lokal dengan pewarisan nilai-nilai budaya yang diterjemahkan menjadi bagian kaderisasi kepemimpinan daerah melalui pemahaman budaya yang lebih luas.

Menurut Gatot, pemerintah senantiasa memberikan perhatian dalam bentuk program pengembangan seni budaya. "Kami menyampaikan apresiasi tinggi atas kehadiran museum yang menjadi pusat kebudayaan Batak berstandar internasional berisi replika benda-benda asli peninggalan sejarah budaya dari peradaban zaman dulu yang ada di sini," kata Gatot.

Diakuinya, daya tarik museum tersebut bukan hanya karena berada dalam satu kompleks yang terfokus menyangkut kebudayaan batak, melainkan juga karena lokasi museum berlatar belakang Danau Toba dengan pemandangan yang sangat indah.

Museum ini, lanjut Gatot, harus bisa menjadi ikon dalam menarik minat wisatawan dengan menjadikannya sebagai obyek tujuan wisata yang spesifik lewat sejumlah koleksi benda yang memperlihatkan sejarah dan budaya yang ada di dalamnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.