Warga Marunda Bertahan di Pengungsian

Kompas.com - 20/01/2011, 22:17 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat gelombang pasang di pesisir pantai Marunda, membuat perkampungan nelayan Marunda Pulo, Jakarta Utara, masih tergenang air rob. Kondisi ini membuat 152 warga dari 33 kepala keluarga yang sejak dua hari terakhir mengungsi ke Rusun Marunda memilih bertahan di tempat tersebut, hingga air benar-benar surut dari pemukiman mereka.

Meski tidak membahayakan, genangan air terlihat masih setinggi 20 cm. Selain menggenangi kawasan pemukiman, akses jalan menuju Masjid Al-Alam pun masih tergenang.

Ketua RT 03/07, Marunda Pulo, Usman, mengatakan, saat ini bantuan telah disalurkan kepada korban banjir rob, berupa makanan siap saji, beras, dan  obat-obatan. Selain membutuhkan bantuan logistik, warga juga membutuhkan bantuan perbaikan rumah mereka. "Mereka butuh bantuan untuk memperbaiki rumah mereka, karena saat ini ada beberapa rumah yang sudah tak layak," kata Usman, Kamis (20/1/2011).

Romli, warga RT 03/07, mengaku bantuan berupa material cukup dibutuhkan warga untuk membangun rumah mereka. Romli berharap sejumlah stake holder yang berada dikawasan pesisir Marunda seperti KBN, Pelindo dan lainnya turut membantu warga yang terkena musibah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.