Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Al-Awwabin Dibongkar untuk Parkir

Kompas.com - 31/01/2011, 23:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masjid kuno Al-Awwabin di kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat, dikabarkan akan segera dibongkar dan dialihfungsikan sebagai lahan parkir oleh pengembang.

Terkait hal tersebut, Kepala Satuan Polisi PP DKI Jakarta Effendi Anas mengaku belum mendapatkan perintah pembongkaran. "Walaupun masjid itu bukan cagar budaya, tidak dapat dibongkar karena belum ada perintah. Pembongkaran itu harus ada izin tertulis," ucap Effendi, Senin (31/1/2011), saat dihubungi wartawan.

Ia mengungkapkan, pembongkaran tersebut diakuinya bukanlah perkara mudah. Pasalnya, pembongkaran masjid adalah perkara sensitif dan harus mendapatkan restu dari pengurus masjid dan warga sekitar.

"Selain pendekatan dan sosialisasi ke warga juga harus ada kalaupun nanti pengembang dapat izin pemprov bukan berarti langsung bisa karena harus ada restu pengurus masjid dan warga," ujar Effendi.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman, menyatakan, Masjid Al Awwabin bukan bangunan cagar budaya karena tidak termasuk dalam SK Gubernur 475/93 tentang penetapan bangunan cagar budaya.

"Sesuai hasil peninjauan Disparbud awal 2010, masjid tersebut tidak memiliki nilai sejarah, arsitektur, dan kelangkaan," ujar Arie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com