Gudeg Kendil Yu Djum, Hmm...

Kompas.com - 01/02/2011, 08:13 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Yogyakarta terkenal dengan sebutan Kota Gudeg, karena memang makanan khas Yogyakarta ini dan paling terkenal adalah gudeg. Nah mendapat informasi dari seorang teman, kami akan diantar ke pusat penjual gudeg, yaitu di sepanjang Jalan Wijilan Yogyakarta. Masih menurut teman saya kami langsung diantar ke penjual gudeg yang katanya paling top dan enak yaitu ke tempat Gudeg Kendil Yu Djum.

Gudeg Kendil Yu Djum ini sudah cukup terkenal dan selain pelanggan yang ingin membeli sebagai oleh-oleh, banyak juga pelanggan yang langsung makan di tempat, memang ukuran tempat makannya tidak terlalu besar, dengan model lesehan di tempat Yu Djum ini bisa menampung kira-kira 15 orang saja.

Buka mulai jam 06.00 sampai 22.00 menu yang ditawarkan cukup beragam, ada gudeg nasi telur dan ada juga yang dengan kendil/besek, karena kami baru saja makan soto kadipiro, maka kami membeli gudeg buat di bawa pulang saja. Menurut penjualnya, Gudeg Yu Djum bisa bertahan sampai 2 hari, dan kalau mau di makan sebaiknya dihangatkan dengan cara dikukus.

Setelah sampai di Jakarta, kami pun langsung mencicipi gudeg ini, ternyata gudeg ini modelnya gudeg kering, dengan wadah berbentuk kendil dengan susunan 1 ekor ayam diatasnya. Menurut kami gudeg yu djum ini enak, gudeg dan kreceknya enak, daging ayamnya juga empuk. Anda sudah pernah coba gudeg Yu Djum ini? (Yudi)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.