Melihat Barongsai Menari

Kompas.com - 07/02/2011, 09:08 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga anak berkostum merah menabuh drum dan simbal bertalu-talu. Singa merah dan singa putih keluar dari pintu gerbang istana. Kedua ekor singa itu meliuk-liuk ke sana ke mari.

Mata mereka pun sesekali berkedip-kedip serasa kedipan mata manusia. Penonton pun bertepuk tangan. Tampak, ada anak yang ikut menari mengikuti tarian sang singa.

"Pah, tuh lihat barongsainya menari," kata Melisa (5) sambil bergoyang di atas kursi penonton ketika atraksi barongsai dan liong berlangsung di Panggung Maxima, Ancol Taman Impian, Jakarta, Minggu (6/2/2011) petang.

Tak berapa lama kemudian, barongsai putih berhenti dan menjatuhkan diri ke pinggir panggung. "Hore...hebat kepalanya bisa turun," ungkap Melisa kepada kedua orang tuanya, Budi dan Yesi, warga Kembangan, Jakarta Barat.

"Barongsai ini kami tujukan untuk para pengunjung Ancol demi meramaikan Hari Raya Tahun Baru Imlek," kata Ketua Grup Barongsai dan Liong 'Kwan Im Bio', Kim Siu, sebelum atraksi dimulai.

Kim menilai, ada sesuatu yang berbeda di balik pertunjukan barongsai dan liong di hadapan puluhan pengunjung Ancol Taman Impian. Biasanya, 15 anggota grup yang masih pelajar itu tampil di sebuah gedung pertemuan, namun kali ini mereka pentas di ruang terbuka.

"Kita memang sering beratraksi di acara perayaan Imlek di hotel-hotel. Jadi, ini rasanya akan jadi kesempatan unik bisa main di muka para wisatawan Ancol," ujar Kim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.