Bandara Hasanuddin Perlu Sentuhan Lokal

Kompas.com - 07/02/2011, 09:17 WIB
EditorI Made Asdhiana

MAKASSAR, KOMPAS.com — Angkutan udara memegang peranan penting dalam kepariwisataan di Makassar. Direktur Promosi Dalam Negeri Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata M Faried mengungkapkan hal tersebut di hadapan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Syuaib Mallombassi, pelaku industri pariwisata Sulawesi Selatan, dan budayawan Sulawesi Selatan, Sabtu (5/2/2011) di Hotel Clarion, Makassar.

Faried memaparkan jumlah pengunjung ke Makassar melalui udara dari segi pasar domestik. "Dari sisi kapasitas kursi angkutan udara, nomor satu dari Jakarta dan nomor dua dari Surabaya. Ini pasar dominan," ucapnya.

Ia menambahkan, penerbangan domestik meningkat secara tajam sejak kemunculan maskapai penerbangan murah pada tahun 2000. Sementara itu, walaupun Bandara Sultan Hasanuddin bertaraf internasional, satu-satunya jalur penerbangan luar negeri hanya ke Kuala Lumpur, Malaysia. "Kalau melihat kondisi kehadiran Bandara Sultan Hasanuddin, luar biasa. Sangat kentara bandara yang modern dan internasional," katanya.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata memiliki sebuah pemikiran agar bandara tersebut menunjukkan ciri khas lokal. Contohnya, segi interior yang menampilkan suasana khas budaya Makassar.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Bandara Sultan Hasanuddin, Jumat (4/2/2011), selintas Bandara Sultan Hassanuddin memang mengingatkan pada Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Desain modern sangat kental, mulai check-in counter, ruang tunggu, tempat pengambilan bagasi, sampai lobi bandara. Sayangnya, desain modern ini tidak dibarengi dengan tampilan interior yang bernuansa budaya setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.