Pengunjung Tanah Lot Akan Dibatasi

Kompas.com - 09/02/2011, 08:18 WIB
EditorI Made Asdhiana

TABANAN, KOMPAS.com — Pengelola obyek wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali, akan membatasi jumlah pengunjung pada 2011 untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan. "Kami tidak ingin wisatawan yang menikmati keindahan Tanah Lot terganggu dengan suasana yang ramai dan sumpek," kata Manajer Operasional Tanah Lot, I Made Sujana di Tabanan, Selasa (8/2/2011).

Pembatasan pengujung dimaksudkan untuk lebih memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang ingin menikmati keindahan obyek wisata pantai andalan Kabupaten Tabanan ini.

Menurut Sujana, setiap hari Tanah Lot dikunjungi sekitar 5.000 wisatawan dan jumlah itu dinilai sudah di atas kewajaran sebagai sebuah destinasi yang mengadalkan situs budaya seperti di Tanah Lot. "Kami ingin situs budaya tetap lestari dan tidak terganggu dengan membeludaknya pengunjung," katanya.

Untuk membatasi membeludaknya kunjungan, pihaknya sudah memiliki rancangan, salah satunya adalah menaikkan tarif masuk ke obyek yang terdapat Pura di pinggir pantai tersebut. "Kenaikan ini baru sebatas wacana yang membutuhkan pemikiran matang dan  panjang," katanya.

Sujana menekankan, rencana itu akan dibahas dalam rapat umum badan pengelola. "Kami juga akan laporkan rencana ini kepada Bupati Tabanan selaku Ketua Umum Badan Pengelola Tanah Lot," ujarnya.

Menyinggung berapa persen kenaikan tarif yang akan diberlakukan, Sujana belum bisa menjelaskan secara pasti. Pihaknya harus juga melihat dan membandingkan dengan tarif obyek wisata di tempat lain. "Yang pasti kami akan melakukan survei pasar terlebih dulu sehingga kenaikan tarif benar-benar matang," katanya.

Saat ini, tarif masuk ke Tanah Lot untuk wisatawan domestik sebesar Rp 7.500, sedangkan wisatawan asing sebesar Rp 10.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.